Rahasia Trader Membaca Candlesticks Jepang dan Price Action

Rahasia Trader Membaca Candlesticks dan Price Action

Para trader forex yang memakai analisa teknikal dan price action jarang menilai grafik dan mencari trading tanpa melihat atau berpikir lebih mendalam. Itu dikarenakan para trader mempunyai prinsip bahwa untuk menjadi trader yang menguntungkan, mekanisme cara kerja sistem tidak perlu diketahui selama sistem dapat berfungsi dan diperdagangkan dengan benar.

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari price action dan grafik candlestick, sementara kebanyakan trader hanya hanya mencari satu, dua atau bahkan tiga formasi pola candlestick, price action sementara candlestick dapat memberi tahu informasi lebih banyak jika sering belajar membacanya.

Setiap candlestick memiliki open, close, high dan low dan setiap candle diisi dengan buyer dan seller yang berdesakan untuk posisi masuk dan keluar dari pasar.

Di bawah ini adalah gambar candlestick individual

Rahasia Membaca Dari Satu Candlestick

Candlestick hanyalah satu sesi price action yang dicetak pada bagan yang menunjukkan bagaimana trader berperilaku.
Inilah sebabnya mengapa price action dan candlestick sangat kuat ketika trader dididik tentang cara trading. Price action memberikan trader wawasan langsung tentang bagaimana trader dan pasar berperilaku melalui apa yang price action lakukan dan bagaimana berperilaku.

Dari hanya satu candlestick, kita dapat melihat apakah harga telah dikontrol sepenuhnya oleh bulls atau oleh bears atau apakah seluruh candle sepenuhnya bullish atau bearish dan menutup tepat di dekat level tertinggi atau terendah. Ini dapat dilihat apakah ada gerakan salah yang terjadi di tengah pasar dengan pergerakan yang lebih tinggi diikuti oleh harga gertakan yang turun lebih rendah atau sebaliknya.

Di bawah ini adalah dua contoh yang menunjukkan candlestick beraksi.

Contoh pertama di bawah ini menunjukkan bulls dalam kendali penuh. Perhatikan bagaimana candlestick memiliki sedikit atau tidak ada sumbu dan dari awal sampai akhir dari harga candlestick telah naik dari candle yang sangat rendah ke yang sangat tinggi. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah penutupan candlestick.

Seorang trader dapat memperoleh banyak informasi tentang kekuatan candlestick di mana harga akhirnya ditutup. Kita dapat melihat pada contoh ini, bulls berada dalam kendali penuh karena harga ditutup tepat di dekat sesi tertinggi. Ini menunjukkan bahwa pada akhir sesi masih ada banyak bulls yang mencoba untuk membeli ke pasar. Jika candle mulai memiliki sumbu, itu bisa menjadi tanda kelemahan dan petunjuk bahwa order beli mulai mengering atau bahwa sell order baru/bears datang ke pasar untuk mendorong harga lebih rendah yang menciptakan sumbu candlestick.

Ukuran candle juga bisa sangat penting dalam keadaan tertentu dan sesuatu yang perlu diperhitungkan oleh trader. Candle besar bisa berarti momentum besar. Candle besar yang bersifat bullish atau bearish yang membesar yang dekat dengan harga tertinggi atau terendahnya seperti contoh di bawah ini dapat mengindikasikan momentum yang kuat atau bergerak di pasar.

Trader baru sering takut dari candle yang sangat besar dan ini sering berlawanan dengan apa yang seharusnya mereka lakukan. Memiliki candle besar juga penting ketika mencari sinyal pembalikan seperti pin bar dan bar melanda dan ini adalah ketika semakin besar candlestick yang lebih baik karena candle besar sekali lagi sama dengan momentum besar.

Dalam contoh di bawah ini, candlestick menunjukkan kepada trader langkah palsu yang terjadi dalam sesi tersebut. Ini adalah candlestick umum dan yang dapat dilihat oleh para trader di grafik mereka dan lihat telah terbentuk di banyak grafik mereka dan pada berbagai timeframe yang berbeda. Harga sering bergerak dalam satu arah sebelum menjentikkan kembali ke arah lain dan kita dapat membaca permainan ini melalui grafik ini. Candlestick di bawah ini menunjukkan bagaimana hasilnya.

Harga bergerak lebih rendah pada awal sesi. Ketika candle ini di tengah sesi, itu akan tampak seperti candle bearish bertubuh hitam penuh. Pada titik ini, diperlukan harga untuk mencari dukungan dan bulls (pembeli) untuk memasuki pasar guna menciptakan false break. Di sinilah harga terkunci kembali lebih tinggi dan menciptakan sumbu besar pada candle untuk menyelesaikan false break.

Rahasia Yang Dapat Kita Baca Dari Price Action

Sementara kita dapat membaca banyak informasi dari satu candlestick, dan akan jauh lebih baik ketika diberikan konteks. Informasi yang diperoleh dari satu candle jauh lebih kuat ketika dapat digunakan dengan sisa price acion dan ini adalah ketika trader price action yang terdidik benar-benar dapat menjadi trader probabilitas tinggi yang dapat membaca perilaku dan rahasia dari price action.

Beberapa informasi terbaik yang bisa trader peroleh dari candlestick adalah dalam sumbu candle itu sendiri. Begitu banyak trader tidak memperhatikan sumbu sementara disitulah begitu banyak informasi penting yang dipegang. Anggap saja seperti ini; sumbu adalah tempat harga bergerak lebih tinggi atau lebih rendah ke dan telah ditolak.

Ingat; harga selalu mengatakan kepada kita sesuatu dan itu adalah tugas kita untuk belajar membacanya. Ketika menandai level support dan resistance Anda, sumbu merupakan bagian penting dari informasi dan harus disertakan dengan level Anda.

Banyak trader hanya memasukkan tubuh candle untuk dibaca, tetapi ini adalah kesalahan besar karena banyak informasi diperoleh dari sumbu. Ini juga mengapa menandai level support dan resistance Anda menggunakan diagram garis adalah TIDAK BOLEH DILAKUKAN. Diagram garis tidak termasuk sumbu candle. Mereka hanya mencakup tubuh dan ini memotong informasi penting yang sebagai trader price action yang perlu kita ketahui untuk tingkat yang akurat untuk melihat di mana harga telah dan tidak respek.

Yang penting sumbu akan sering naik dan menguji area dan ini adalah tempat para trader akan dapat belajar di mana harga dapat dan tidak dapat menutup di atas atau di bawah area.

Cukup sering trader akan melihat harga bergerak ke suatu area dan sumbu candle akan menguji, tetapi tubuh candle tidak akan bisa menutup. Cukup sering level support/resistance telah ditahan sampai tubuh candle telah ditutup. Sementara sumbu candle dapat menguji dan bergerak melalui, sampai tubuh candle bergerak dan menutup, tingkat ini belum rusak. Candlestick harus bergerak dan memiliki tubuh dekat.

Grafik di bawah ini menunjukkan bagaimana harga waktu pertama menguji area resistensi, hanya sumbu candle yang dapat menembus pertahanan dan tubuh candle tidak bisa menutup di atas; yang berarti level telah diadakan. Harga upaya berikutnya dibuat pada resistensi, tubuh candle ditutup di atas. Ketika ini terjadi, levelnya rusak dan resistensi “membalik” untuk menjadi area dukungan baru.

Bagan di bawah ini menunjukkan contoh serupa lagi. Skenario ini menunjukkan bagaimana trader dapat menggunakan informasi ini untuk keuntungan mereka lagi dan lagi setelah mereka terdidik dengan baik. Harga berjuang untuk menutup di bawah level support dan sumbu candle menguji level support berkali-kali.

Akhirnya tubuh candle ditutup di bawah level support dan setelah itu, ini adalah sinyal untuk level yang akan dilanggar. Setelah level support dipatahkan, itu berubah dari level support lama ke level resistance baru.

Anda akan melihat bahwa harga berbalik langsung dari dukungan lama ke resistensi baru dan setelah harga berada di bawah harga dukungan lama, kembali menguji level ini dan menemukan resistensi baru dan kunci sekali lagi adalah bahwa tubuh candle tidak dapat menutup kembali.

Di bawah ini adalah grafik price action harian terkini dari GBPJPY. Anda dapat membalik grafik ini dan melihat price action yang sama pada grafik Anda sendiri, asalkan Anda memiliki grafik 5 hari yang sama di New York.

Bagan ini adalah contoh sempurna tentang bagaimana trader dapat menggunakan sumbu pada candlestick dengan pengaruh besar jika mereka tahu caranya. Harga telah melangkah lebih tinggi dalam rentang atau kotak dan setiap kali sebelum putus itu telah menguji tinggi dan terendah rentang. Meskipun banyak trader sering kali memalsukan trading yang tidak terealisasi, trader yang memiliki pengetahuan tindakan harga yang solid dapat menghindari false breakouts dengan menunggu penutupan yang solid dan konfirmasi breakout.

Seperti grafik candlestick ini menunjukkan; sumbu candle sering akan bergerak keluar dari area, tetapi candle tidak menutup di luar. Setelah candle ditutup di luar harga area breakout pada grafik ini terus lebih tinggi.

GBPJPY Daily Price Action Chart

Mengapa Sinyal Price Action Bekerja?

Kadang-kadang ada kebingungan seputar price action dan alasan mengapa sinyal trading price action yang kita perdagangkan, seperti engulfing bar atau advanced breakout setups yang dimainkan adalah karena trader lain juga memperdagangkan sinyal yang sama. Sebagai contoh; jika kita memainkan engulfing bar pada timeframe 4hr, maka kita berharap orang lain juga memperdagangkan sinyal yang sama persis untuk membuatnya menjadi pemenang.

Ini bukan cara kerja harga. Menjadi trader price action memungkinkan Anda memiliki wawasan tentang perilaku pasar. Tidak peduli apa waktu yang Anda tempuh, Anda melihat langsung apa yang dilakukan pasar dalam waktu langsung yang dicetak ke bagan Anda.

Harga yang tercetak pada grafik Anda adalah representasi dari semua pembeli dan penjual di pasar pada waktu yang tepat. Ketika Anda melihat price action pada grafik Anda, Anda hanya melihat perilaku semua trader di pasar dan apa yang telah mereka lakukan. Trader bereaksi dan berperilaku dengan cara yang sama.

Mereka tidak akan pernah bereaksi dengan cara yang persis sama dan itu sebabnya tidak ada metode dan tidak akan pernah 100% akurat, tetapi mengingat situasi serupa, trader mengulangi kebiasaan yang sama berulang kali.

Selama ada manusia di pasar, selamanya akan ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari trading price action. Semua manusia memiliki apa yang disebut naluri universal.

Naluri ini tidak sudah ada dan tidak dapat diubah. Hal-hal seperti; takut kehilangan, keserakahan, tekanan lingkungan, dll, mereka bersifat universal. Sementara naluri universal ini dapat dikontrol dan itu sebabnya sebagian orang dapat menghasilkan uang, mereka menciptakan kesalahan dan itu sebabnya akan selalu ada peluang untuk menghasilkan uang selama manusia memperdagangkan pasar.

Kesalahan-kesalahan ini menampakkan diri dalam price action dan dalam pola price action berulang yang trader price action dapat mulai mengambil keuntungan. Trader price action bukan hanya pola trading, mereka adalah trading perilaku manusia, aliran order, dan banyak faktor pasar lainnya yang semuanya dibangun ke dalam price action.

Hal yang dapat Anda temukan

Harga memegang semua informasi. Begitu banyak trader di dunia trading melihat-lihat selama berjam-jam mencari indikator mewah, menghabiskan berjam-jam menonton berita dan mengeluarkan uang untuk sistem mahal dan semua informasi itu dapat ditemukan tepat di harga. Hanya ada satu hal yang menggerakkan harga naik atau turun dan itu adalah dengan trader beli dan jual.

Berita itu tidak menggerakkan harga naik atau turun. Indikator tidak menaikkan atau menurunkan harga. Satu-satunya hal yang mendorong harga naik atau turun adalah ketika trader memperdagangkan harga lebih tinggi atau lebih rendah. Hanya itu caranya.

Ketika pengumuman berita utama keluar, itu tidak menggerakkan harga. Ketika sesuatu yang besar terjadi di dunia seperti serangan teroris besar, itu tidak menggerakkan harga. Mengapa harga bergerak? Karena trader memperdagangkan harga lebih tinggi atau lebih rendah. Berita atau acara dunia tidak membuat harga bergerak.

Inilah sebabnya mengapa sangat umum bagi para trader untuk menonton NEWS dan harga bergerak pergi berlawanan dengan apa yang mereka harapkan. Para trader memperdagangkan harga yang mereka inginkan.

Mengapa ini sangat penting? Karena perlu menekankan poin tentang price action. Pada grafik price action Anda, Anda bisa membaca semua yang terjadi di pasar.

Anda Tidak Membutuhkannya

Anda tidak perlu membaca berita atau mengikuti acara dunia. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti dan membaca price action. Anda tidak perlu berita untuk memberi tahu Anda jika pengumuman ekonomi buruk telah dirilis. Anda dapat membaca itu dalam harga. Semua petunjuk dan rahasia diadakan di harga dan Anda hanya perlu mengikuti price action Anda.

Saya sangat berharap Anda menikmati tampilan lebih mendalam ini dalam price action. Seperti yang telah dibahas di awal artikel, semua yang dibutuhkan adalah trading yang menguntungkan, pikiran yang beralih pada trading dan trader yang berkomitmen untuk menjadi menguntungkan, tetapi kadang-kadang dapat membantu trader untuk menggali lebih dalam topik dan belajar sedikit tambahan itu.

Dapatkan Update BELAJAR FOREX melalui Email:

Dasarforex Reader

Leave a Reply

Belajar Dasar Forex

Anda mungkin juga ingin membacaclose